Inilah Cara Menjaga Keuangan Tetap Sehat meski Hobi Belanja

Bagi sebagian orang berbelanja menjadi kegiatan paling menyenangkan. Jika tidak diatur dengan baik, hobi mengeluarkan uang ini bisa membuat Anda semakin boros.

Sebaiknya atur pola berbelanja sesuai dengan kebutuhan, dana, dan batasannya. Kegiatan berbelanja ataupun pergi ke pusat perbelanjaan mungkin sah-sah saja.

Terlebih lagi berbelanja merupakan bentuk menghargai hasil kerja. Namun jika tidak dikendalikan dengan cara yang bijak, hal itu bisa membuat pengeluaran Anda semakin meningkat.

Ada baiknya membuat perencanaan yang jelas dan tentukan dana agar Anda tetap bisa menabung. Menurut perencana keuangan Fredy Piellor, sebaiknya sebelum melakukan kegiatan belanja, buat perencanaan yang matang dari jauh-jauh hari, baik itu yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan atau sifatnya pokok maupun pendukung.

Jadi bisa diketahui berapa alokasi dana yang digunakan. Supaya pengeluaran Anda tidak melebihi pendapatan, buatlah daftar belanja yang memang dibutuhkan sehari-hari.

“Bila kita memiliki perincian yang pasti, tentunya akan lebih mudah mengaturnya,” ujar Fredy Mengurangi intensitas jalan ke pusat perbelanjaan tentunya akan mengurangi keinginan berbelanja.

“Cara paling pas untuk menghemat anggaran adalah menghindari mal dan mengurangi waktu berbelanja. Boleh saja pergi ke mal, tetapi waktunya harus diatur. Misalkan hanya dua minggu sekali saja,” ungkap Fredy.

Senada dengan Fredy, perencana keuangan Mohamad Andoko mengatakan, sebanyak apa pun kebutuhan, pastikan untuk tidak mengganggu kemampuan menabung.

Caranya, buatlah anggaran bulanan khusus untuk berbelanja kebutuhan pribadi. Contohnya sisihkan 10% dari pendapatan.

“Contohnya harga tas yang diincar lebih besar dari anggaran belanja. Yang harus diperhatikan, jangan sampai menggunakan jatah pengeluaran lain. Sebisa mungkin mencari tambahan seperti pekerjaan sampingan agar bisa mendapatkan barang yang diinginkan,” urai Andoko.

Ada baiknya menyiapkan dana darurat yang sudah Anda atur penyimpanannya seperti di bank ataupun di tempat yang Anda anggap aman.

“Dana darurat ber guna untuk menjaga diri Anda di saat-saat terdesak. Anda pun tidak perlu menghabiskan tabungan hanya karena tidak memiliki dana cadangan,” Andoko memberi saran.

Tidak hanya itu saja, Anda bisa mengatur keuangan agar tetap stabil sambil menyalurkan hobi belanja dengan cara membandingkan harga pokok yang akan dibeli.

Terlebih lagi saat ini sudah banyak toko online yang menyediakan seluruh kebutuhan sehingga Anda tidak perlu bingung lagi dalam membandingkan harga.

Untuk lebih menghemat anggaran, saat ini sudah banyak barang yang disewakan. Misalnya kamera untuk traveling , tas buat ke pesta, gaun-gaun karya desainer, dan sejumlah perlengkapan lain.

“Daripada kita membeli satu barang yang hanya akan digunakan dua kali atau bahkan satu kali saja, lebih baik menggunakan jasa penyewaan,” sebut Andoko.

sumber: okezone

Post Comment